zonawidasworo

percaya dan resapilah

MALES Oktober 27, 2011

Filed under: mengajar — rarasarumwidasworo @ 6:38 am

Males merupakan kata yang seharusnya di musnahkan dari jiwa kita terutama jiwa muda. Why? Karena kalian pasti sudah tahu kenapa. Yupz males adalah kata negatif yang menurunkan kinerja otak karena kita enggan sekali melakukan sesuatu. But sering kali jiwa muda menggunakan kata MALES sebagai alasan untuk tidak melakukan apa-apa!! Huft sama dengan perasaan saya saat ini MALES beb… di otak saya sekarang ini banyak memikirkan hal-hal yang seru (sebenarnya) tapi tak mampu merealisasikan hal seru itu. Terlalu sibukkah atau hanya karena saya beralasan malas untuk melakukannya. Jujur kegiatan saya monoton sekali —— ngajar buat RPP Ngajar Les Buat RPP Ngajar di SD… tapi saya menikmatinya. Mengajar anak sama halnya menemukan hal-hal yang baru setiap harinya. Mengajar sama halnya dengan belajar. Seperti kutipan dari seorang ustad Bila kau ingin kaya bersedekahlah, Bila kau ingin pandai mengajarlah, bila kau ingin orang lain baik kaepadamu berbuatbaiklah. Ok realisasikan saja bila ingin lebih menikmati hidup. Hari ini saya akan mengajar kelas 3. Jumlah siswa 22 ( siswa heterogen =,=) waktu 35×2.tematik(BI MAT IPA) To be Honest Im lil bit nerveous . Why ?? cz I haven’t had any preparation. Media yang akan saya gunakan berupa timbangan, meteran dan jam. Selain itu juga ada beberapa gambar. Hal yang pertama saya lakukan nanti adalah mengajak siswa untuk bernyanyi lagunya “aku anak sehat” Setelah itu sedikit mengulas materi yang telah diajarkan sebelumnya, materi sebelumnya tentang pertumbuhan. Baru setelah itu saya akan menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu siswa mampu membedakan alat ukur ( tidak lupa juga melakukan pengukuran ) dan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan… Pada kegiatan inti saya mengajak siswa bertanya jawab tentang pertumbuhan… saya memancing dengan melakukan pertanyaan dasar seperti siapa yang mempunyai adik bayi di rumah? Bila ada saya akan menanyakan pertanyaan lanjutan “ bagaimana tubuh anak bayi? Apakah besar?? “ kecil bukan? “ Adik bayi lebih kecil dari kalian anak-anak. Disini ibu punya gambar pertumbuhan manusia, siapa brani kedepan untuk mengurutkan gambar?( anak akan maju kedepan lalu mengurutkan gambar. Saya akan bertanya kembali “ adakah dari kalian yang tau kenapa ukuran adik kecil berbeda dengan ukuran kalian ? yaps karena kita sebagai maklhuk hidup mengalami pertumbuhan. Coba siapa yang tau faktor apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan?? Faktornya adalah : 1 makanan bergizi 2. kesehatan 3. Istirahat 4. olahraga 5. hiburan Kalau dilihat setiap orang pasti mempunyai ukuran yang berbeda pula? Coba ibu ingin dua orang dari kalian maju kedepan… ada perbedaan bukan yaitu berat bada dan tinggi badan selain itu juga usia. Untuk mengukur berat badan kita memakai timbangan, mengukur tinggi badan dengan meteran, dan waktu untuk usia. Untuk kegiatan selanjutnya ibu ingin membagi kalian menjadi 4 kelompok , tugasnya adalah mengukur tinggi badan dan berat badan kalian sesuai seperti tabel berikut. __-_________________________________________ Ibu akan membaca kan cerita Konfirmasi Then penyimpulan n penutup…. Hemmm its time to me to teach them,,,, see YA…  Have a nice day

 

Tinggalkan Balasan

