zonawidasworo

percaya dan resapilah

tugas yang awsome ^^ Desember 16, 2011

Filed under: kuliah — rarasarumwidasworo @ 2:46 pm

LAPORAN /PAPER KLASIFIKASI MUSIK

NAMA                                   : RARAS ARUM WIDASWORO

NIM                                        : K7108057

SEMESTER/ KELAS          : 7F

NO HP                                    : RAHASIA

KOREAN GAYAGEUM MUSIC

( SUMBER : link 1 http://www.youtube.com/watch?v=no1rcTOe4JQ )

(Link2 http://www.epdrama.com/heartstrings/heartstrings-episode-2/)

Annyong Haseyo, Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan oleh Bapak Karsono yang memberikan sedikit tempat bagi saya untuk bercerita. Jika dikatakan sebagai tugas, saya merasa tugas kali ini adalah tugas yang paling mengesankan. It’s right that task just a task. Tetapi kenapa saya berkata bahwa tugas kali ini adalah tugas yang sesuatu banget kalau kata syahrini? Loh kok malah nanya, hehe.  Baiklah saya jawab sendiri ( sidane dijawab dewe ) its because you are giving us some freedom untuk menuangkan perasaan kita dalam bentuk “tugas” ini. Sedikit curhat dulu ya pak, sebelum saya memasuki ke “tugas“ anda (hemm perasaan dari awal sudah curhat terus. Maaf .^. ). Ketika awal anda memberikan tugas yang hampir sama dengan dosen-dosen lain, yah tugas yang klasik untuk seorang mahasiswa yaitu “makalah/laporan” saya sudah hampir little bit bored. Tapi setelah membaca dan mendengar sendiri dari Anda tentang ketentuan tugas yang no. 3

“3. Setelah menyaksikan video tersebut kemudian buatlah Paper/makalah yang berisi laporan klasifikasi dalam bentuk tulisan bebas, menarik, dan bahasa populer (tidak formal sekali)” (Karsono: 2011)

Waooow its awsome banget, terlebih lagi bagian terakhir ketentuan tersebut, yaitu boleh menggunakan tulisan bebas, menarik, dan bahasa populer (tidak formal sekali). Hal tersebut membuat saya lebih bersemangat untuk mengerjakannya karena kami terutama saya lebih bebas berekspresi. Untuk itu kepada Bapak Karsono mohon maaf sebelumnya kalau “tugas” saya kali ini sedikit nyleneh.

            Let’s started from here. Mungkin Bapak sedikit galau melihat link yang saya tampilkan diatas ada 2. Baiklah saya jelaskan terlebih dahulu, untuk link1 di atas merupakan video yang merupakan hasil pengamatan saya. Sedangkan video di link2 adalah video yang menginspirasi saya, mengapa saya memilih kesenian Gayageum dari Korea. Hal ini dikarenakan saya suka drama korea (halah malah curhat lagi). Yups benar sekali video di link2 adalah cuplikan episode dalam sebuah drama korea yang berjudul Heartstring. Ceritanya seni banget pak, kayaknya orang seni harus liat drama ini.

Gayageum seperti yang sudah saya curhatkan di atas merupakan alat musik dari Korea. Nah pada Link1 terdapat video yang berjudul Korean Gayageum Music   yang di dalamnya terdapat pula alat musik tradisional korea tersebut (dari judulnya saja sudah terlihat). Di Korea memang sering sekali dilakukan pertunjukan orkestra musik tradisional yang cukup lengkap dari alat musik tetabuhan seperti jing, janggu atau kkwaenggwari juga memainkan instrumen musik petik dan gesek (alat musik dengan dawai atau senar, seperti gayageum, geomunggo, ajaeng atau haegeum) serta alat musik tiup misalnya piri.  Tidak jarang atraksi vokal dengan lagu-lagu rakyat juga melengkapi pertunjukan tersebut. Pertunjukan orkestra musik ini juga diselenggarakan di sebuah panggung yang tergolong besar dan megah. Kalau dilihat-lihat pastilah penontonya merupakan orang- orang yang mempunyai kedudukan di Korea.

Pertunjukan disajikan dengan elegan dan mewah. Benar saja karena bisa dilihat dari pembawaan semua pemain instrumen musik tradisional Korea tersebut. Badan tegap, gerakan yang hemat tetapi pasti. Senyum menawan, begitu terorganisisasi dan sangat rapi sekali serta berhati-hati tapi penuh keyakinan. Mantap pokoknya.

Fungsi dari Pertunjukan musik ini adalah sebagai sarana ibadah. Akan tetapi pertunjukan musik ini sudah beralih fungsi menjadi hiburan dengan perkembangan zaman yang ada. Kalau dilihat dari namanya gayageum  berasal dari konfederasi Gaya di sekitar abad keenam. Menurut hafiz  pada http://hafizsan.multiply.com/

“Nama gayageum sendiri tampaknya berasal dari konfederasi Gaya di sekitar abad keenam, masa dimana Raja Gashil menciptakan instrumen ini.  Karena diciptakan oleh seorang raja, maka gayageum ciptaan Raja Gashil ini memiliki beberapa sebutan seperti pungnyu gayageum (pungnyu yang berarti elegan) dan jeong-ak gayageum(jeong-ak yang berarti musik yang sesungguhnya) dan kerap diasosiasikan dengan musik kerajaan.  Sekitar abad kesembilan belas, saat munculnya genre musik sanjo yang bisa diartikan sebagai musik yang dihasilkan melalui improvisasi memunculkan evolusi dari gayageum menjadi sanjo gayageum.”

Dapat disimpulkan bahwa kesenian ini merupakan pertunjukan untuk para raja pada zamannya. Akan tetapi pada zaman sekarang semua masyarakat awam sudah dapat menikmatinya.

Kesenian tradisional di Korea, dalam hal ini musik dan tarian, diperuntukkan khusus sebagai suatu bagian dalam penyembahan “ lima dewa” seperti yang dijelaskan dalam http://www.angelfire.com/gundam/sartohalim/sosial_budaya.htm. Umumnya, bukti-bukti tersebut berasal dari sumber-sumber tertulis Cina kuno. Dalam wikipedia dijelaskan bahwa rakyat Korea terkenal pandai menyanyi dan menari sejak zaman kuno. Jadi tidaklah heran kalau hingga sekarang kesenian di Korea terus berkembang bahkan digandrungi oleh masyarakat di dunia.

Kembali ke Korean Gayageum Music,  sudah saya jelaskan di awal bahwa dalam pertunjukan ini tidak hanya alat musik gayageum saja yang digunakan. Adapun alat dalam Korean Gayageum Music adalah sebagai berikut :

a. Gayageum

Sejenis alat musik petik dengan 12 senar yang mampu menghasilkan melodi dalam pertunjukan. Bila dilihat dalam pertunjukkan Gayageum dimainkan oleh 9 pemain musik perempuan yang merangkap sebagai vokal. Kalau ingin lebih jelas lagi berikut saya tampilkan gambar dari Gayageum

Gayageum

a. Janggu atau kkwaenggwari

Sejenis alat musik pukul, menurut saya adanya alat musik ini mampu mengatur tempo dari pertunjukkan. Pada pertunjukkan terdapat 1 pemain musik yang memainkannya. Berikut adalah gambar dari Janggu atau kkwaenggwari

Janggu atau kkwaenggwari

c. Piri

Alat musik tiup, hampir sejenis seruling namun lebih ramping dan volumenya kecil. Ada 2 pemain piri dalam pertunjukkan diatas.

Piri

d. Daegeum

            Sejenis alat musik tiup. Hampir sama dengan piri tetapi lebih besar. Dalam pertunjukan yang saya amati ada 1 pemain Daegeum.

Daegeum

Selain alat musik tradisional di atas dalam pertunjukan Korean Gayageum Music juga terdapat alat musik modern seperti pada gambar berikut ini

a.                                                                                 b. Triangle

 

  • Gambar dari berbagai sumber

maaf untuk gambar a tidak ada keterangan gambar karena saya kurang tau namanya, cara memainkanya adalah dipetik sejenis gabus kali ya. Masing-masing alat musik modern di atas dimainkan oleh 1 orang pemain.

Jadi bila dihitung secara keseluruhan pemain dari pertunjukan dari Korean Gayageum Music ada 15 orang maka sudah pasti bahwa pertunjukan tersebut merupakan klasifikasi pertunjukan ensemble besar dengan jumlah pemain yang lebih dari 5 orang.                                             

Musik tradisional Korea sangat memperhatikan jeda dalam setiap permainan musiknya. Dan entah kenapa pada vokal selalu menggunakan vibrasi yang diperpanjang tetapi tetap dapat dinikmati dengan santai. Melodi musik Korea penuh dengan ornamentasi, terutama sebelum atau sesudah nada suara utama. Setiap permainannya, selalu terdapat pola ritme pengulangan yang berfungsi memberi warna dan rasa musik. Apabila diperhatikan baik-baik, musik Korea hampir mirip dengan musik Cina yang mendayu.

Kesenian musik tradisional Korea terbagi menjadi 2 klasifikasi, yaitu musik istana (gungjung-eumak), musik rakyat (minsok-eumak). Dalam musik rakyat terbagi lagi menjadi musik militer, musik religius, musik instrumen, dan musik vokal. Setiap klasifikasi selalu mempunyai ciri-ciri tersendiri.

Kalau dilihat dari unsur yang disajikan dalam pertunjukan Korean Gayageum Music tergolong dalam musik instrumental yang di bumbuhi dengan vokal. Dan termasuk klasifikasi musik rakyat. Karena tidak masuk kriteria musik kerajaan yang mempunyai tempo  lambat dan khidmat, dengan nomor musik paling lambat memiliki kurang dari 30 ketukan per menit.

Wah amazing sekali, nama, jenis dan fungsi dari alat-alat musik yang terdapat pada pertunjukan selalu mempunyai keunikan dan karakter masing masing. Namun bahan dari alat-alat musik tersebut sebenarnya hampir sama yaitu yang berasal dari alam, seperti kayu dan metal. Hal ini membuktikan bahwa manusia mampu menghasilkan musik karena adanya alam. Alam yang merupakan karunia Tuhan YME. Harus selalu mensyukuri nikmat-Nya.

I think it’s all for me. Semoga bermanfaat, mohon maaf kalau ada salah kata dan terimakasih. ^^

Daftar Pustaka

hafiz . 2007. Instrumen Musik Tradisional Korea (Bagian Kedua). Online (http://hafizsan.multiply.com/journal/item/60/Instrumen_Musik_Tradisional_Korea_Bagian_Kedua) diunduh pada tanggal 10 desember 2011)

Wikipedia. 2011. Alat Musik Tradisional Korea. Online (http://id.wikipedia.org/wiki/Alat_musik_tradisional_Korea) diunduh pada tanggal 10 desember 2011)

————–. Musik Korea. (http://id.wikipedia.org/wiki/musik_korea ) diunduh pada tanggal 10 desember 2011)

Inisajomo. 2011 .Alat Musik Korea. Online (https://inisajamo.wordpress.com/category/alat-musik-korea/page/2/ diunduh pada tanggal 14 desember 2011)

Angelfire. 2011. Sosial Budaya korea. Online (http://www.angelfire.com/gundam/sartohalim/sosial_budaya.htm diunduh pada tanggal 13 desember 2011)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s