zonawidasworo

percaya dan resapilah

DRAMA Januari 5, 2012

Filed under: cerita,kuliah — rarasarumwidasworo @ 3:56 pm

There was another journey in my life.. sometimes I’m  feeling good, in the other  hand  I’m feeling so upset .. why it just to be like that?? There was always to be my big  question. Our happiness have came from ourself. If is it right wanna try to get my happiness of my time.

The story came from Jhon maxwell ‘s wife who one of the popular motivator. Her name is Margaret. She said that her husband never give her happiness anymore. She said that Jhon is a perfect husband. He never have drank, gambled, or  dishonest. He is a kind man. But he never make her happy. That’s why?? She said that our happines come from ourself. You were responsible for your life. Our mainset make our decision to be happy or feeling sad. your happiness is your choice.

Hidup kita di dunia bagaikan sebuah drama,, ada beberapa skenario yang bener2 kita harus hapal dengan sungguh-sungguh, agar drama kita jadi sukses dengan hasil yang baik.. namun ada pula hal-hal tambahan atau improvisasi yang kita perlu tunjukan didalamnya. Saya bisa saja berkata, huft sungguh mengecewakan atau huft itu sungguh menyedihkan, tapi tinggal kita bikin hidup ini lebih menyenangkan. Mungkin kita tidak merasakan hasilnya sekarang atau memetik nikmatnya sekarang. Saya yakin nanti (bukan mungkin lagi,,hehe). jangan mau terkotak kotak sehingga kita tidak mau mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi. jadikan semua usaha adalah perjuangan yang mampu mengajarkan kita untuk hidup yang nyaman, damai, dan indah pada akhir drama kita tadi. jadikan kegagalan sebagai tombak untuk melangkah lagi. Jadikan kesendirian teman bekerja dan belajar. Jadikan  dirimu pemain utama dalam drama kita sendiri. Jadikan Hatimu sutradara yang sesungguhnya sehingga kita mau menentukan arah tujuan hidup kita… ingin jadi indah kah atau menjadi meranakah. perjuanganmu hari ini bukan hanya untuk hari ini saja, tapi untukmu hingga akhir nanti.

ngomong-ngomong soal drama. Kemarin tanggal 4 Januari , saya dan teman sekelompok saya Alhamdulillah dengan sukses mampu mementaskan sebuah drama musikal anak. Memang sih drama kali ini dinilai untuk memenuhi tugas mata kuliah drama di kampus. Tapi dari sini saya mendapatkan baaaanyaak sekali pelajaran yang bisa dipetik. mulai dari indahnya persahabatan, manisnya perjuangan, gurihnya pengorbanan, dan nikmatnya rasa lelah.

Segalanya terbayarkan oleh begitu antusiasnya penonton ketika melihat drama dari kelompok saya ini… it was so awesome banget.. kalo kata syahrini sesuatu ya… ato kata bu yuni( teman satu kelompok) sesuatu sekali ya…

ok2.. dari pada penasaran .. ini ni.. pelajaran2 yang bisa saya ambil dari masing-masing pemeran drama

oya di drama ini saya sebagai sutradara lho sampe ke aransemen musiknya juga,, ( hehe agak sombong)

judul dramanya “Elang yang Sombong”

jujur saya dapet inspirasi dari sebuah blog yang didalamnya bercerita tentang “Kasuari yang Sombong”

kerena ga mau dituduh sebagai plagiat, saya rubah semua konsepannya( ini juga dibantu temen2 satu kelompok) ceritanya jadi seru abis lagian saya ubah judulnya karena,,akhir0akhir ini lagi ngetren tuh si burung elang di twitter.. apalagi di Indosiar..haha… karena teman2 sekelompok mainnya top abis dan all out gitu, mereka juga nurut sama petunjuk-pentunjuk saya ,,, sehingga jadi deh drama yang malah kayak dagelan itu..hehe

penasaran sama pemainya,, nih nih…

nih burung ya beb.. pemeran utamanya.. dia itu soomboooooooooong banget gitu ,, sehari-hari juga sombong.. saya percaya banget pas meranin elang yang sombong dia ga perlu acting lagi.. ini sekedar peringatan… bagi yang suka bergaol ma dia,, siap2 sedikit sakit ati kalo dia sudah menampakkan kesombongannya. Tapi asli lho nih anak sebenarnya baik hati dan suka menabung ( jarang nraktir–. -> giliran mau nraktir waktu itu cuma tempe mendoan dikantin pak giyono…. mungkin karena uangnya mau di tabung untuk masa depan kali ya,,haha).. hemm pelajaran yang bisa saya ambil dari dia itu,,, hemm apa ya,,,( mikir luama banget.. hemmm).. ____________ setelah berabad- abad…….. pelajaran yang dapet saya ambil adalah,,, hemm,,, apa y..:/.. hemmm,,,, ga ada kali ya,,,, hemm,,      AHA,, Akhirnya saya menemukan pelajaran dari dia.. Dia itu orangnya gigih banget,, tiap ngerjain sesuatu harus perfect..( tapi yang berurusan dengan kepentingandia pastinya) hehe.. tapi dia pekerja keras dan selalu ngejalanin semuanya dengan ikhlas…. hoho pesan buat elang jangan sombong lagi ya,,, hohoh

Nah kalo yang satu ini,, si nyamuk,, eh .. gagak,, lucu banget,, pelajaran yang bisa diambil dari dia ,, dia juga pekerja keras, rela menolong dan tabah. Walopun suka disuruh-suruh ma elang yang sombong dia itu nurut terus, tanpa pamrih lagi,, hehe.. semoga kamu ga kapok ya sekelompok sama kita kaum reguler(hehe)

gilak.. bener2 gilak,, dari nih bocah saya dapet banyak sekali pencerahan.. weits buat pak jalak jangan sombong dulu,, bukan berarti saya ngefans lho,,, ahihiiii…mulai dari kata-kata beliau yang sangat sederhana tapi mengena, dengan kesederhanaanya mengekspresikan sesuatu yang mampu menimbulkan tawa. dan mulai dari kesederhanannya dalam menghadapi masalah sehingga menjadi terpecahkan dengan mudahnya. wouw.. kalo saya ceritain kesederhanaan lainnya kayaknya ga bisa deh,, ntar buat yang lain ga cukup spacenya,,, HAHA,, pokoke top deh.. Pesannya : Tetep jaga kesederhanaan

nah pipit nih ,, kecil-kecil lincah, pelajaran yang bisa diambil,,, keep smile ajah lah,🙂.. suka gaya kamu pit.. ide2mu menggugah  tawa,, hehe

Jiah.. jangan tanya,, no comen lah..agak males tapi ,, yah ga papalah dari  pada ga nulis tentang dia sama sekali.. orangnya tuh cupu abis, tapi tetep bisa keren,, alisnya itu lho kayak ayahku,, haha.. buat burung hantu,, bapak kamu,,, bapakku ya? Kok tau,, karena alismu kayak punyane bapakku,, (krik,, krikk ..krikk,,,ga lucu).. saran buat burung hantu,, jangan suka ngupil di kelas.. haha

Banyak ide banyak rencana,, keep smile pren,,, tetep ikhlas dalam segala hal.. saya salut sama bangau,, ketika dia tergalaukan oleh troble kos-kosan,, dia tetap berusaha konsen ke drama,, walaupun atap untuk tinggal terancam menghilang dia tetap konsentrasi ke drama… bangau kapan-kapan kesoto sewu yuk,, haha

Nah dara nih ya,, orangnya pemberani,, benar-bener sesuai peran(hemm kayaknya busud pinter ngesting ya,, ahiiihii) suka gaya dara yang unyu,, dia suka pink,, cewek abis,, suka drama korea seperti saya,, pekerja keras juga,, hemm keep smile ra J

nah loh.. ayam betina nih ya.. wah.. banyak banget ilmu yang saya dapet dari dia,, mulai dari semangat , keberanian, keceriaan, ketabahan, kegigihan, kegalakkan, kesabaran,, de el,el,, pokonya,, sip deh

teman akan menjadi sahabat ketika teman itu tau segala hal tentang teman yang lainnya. semua di kamu saya tau, semua kecuali hal yang belum pernah kamu ceritainkan.. kegalauanmu, senyummu, pandanganmu , kode-kodemu ,, sungguh terlalu berharga ketika tidak ada waktu untuk dihabiskan bersamamu.. Ayam… never-never leave me alone

hem apa ya,, yam jantan,, stay cool men,, u re the disipline one, but can’t do it well.. tapi tetep percaya,, kamu juga bisa ontime kok,,tau deh kalo kamu sibuk,,hehe,, tetep cool untuk mendinginkan suasana kelompok yang panas,, hehe

tuk,, tuk ,, pelatuk,, kamu pinter,, he ..

bu nuri yang sesuatu sekali,,, jangan sampe kecapekkan ya.. istirahat kalo cape,, kamu itu kalem,, pertahankan itiu,, jangan terpengaruh oleh dunia luar yang kejam,, tetep stay kalem,, tapi semangat ya.. hehe

Wah-wah burung yang satu ini suka ga ontime(walopun kadang busud juga ga ontime,,tapi busud punya alasan yang bagus lho beo). Tapi salut buat dia, ga gampang menyerah. Pesan buat beo: kalo ada latihan lagi ontime ya beo,, hehe,, dandannya.. ga usah lama-lama,, kan kamu udah cuantik banget,,

O O,, ngantuk nih,, sebelumya muhun maaf buat semua temen,, tetep stay cool n semangat

oya nih tak kasih drama elang .. penasaran ga kayak gimana alurnya.. pantengin ja naskahnya.. moga bisa dijadikan referensi ya..kalo ada kesalahan kasih saran aja,, maaf kalo amburadul,,hehe

“BURUNG ELANG YANG SOMBONG”

A. KONSEP CERITA

Konsep cerita dalam “ Burung Elang yang Sombong “ adalah sejenis drama anak – anak yang didalamnya mengandung amanat agar tidak menjadi sombong. Dalam drama ini akan ditampilkan nyanyian dan tarian anak – anak.

B. SINOPSIS CERITA

Kisah cerita tentang kesombongan seekor burung elang yang memiliki sayap  yang kuat dan menganggap dirinya lah yang paling hebat diantara semua burung yang ada di hutan. Akibat kesombongannya itu dia dibenci oleh semua burung. Hingga akhirnya diadakan sebuah perlombaan terbang untuk menentukan siapa yang paling hebat. Hanya burung dara lah yang berani melawan kesombongan si elang. Sebelum pertandingan dimulai ada sebuah peraturan dimana setiap peserta dapat mematahkan sayap lawannya. Dengan bantuan teman-teman burung dara, akhirnya dia (burung dara) memenangkan perlombaan tersebut, dan burung elang menjadi lemah dan tidak berday..

C. KONSEP PANGGUNG

Karena konsep cerita adalah kehidupan di hutan, maka panggungnya akan menyerupai sebuah hutan. Untuk properti panggung yang kami gunakan adalah sebagai berikut:

  1. 2 Pohon ang terbuat dari limbah pembungkus semen yang di warnai dengan pilok agar menyerupai hutan, 1 pohon kami meletakkannya di sudut belakang panggung dan 1 pohon lagi di pojok depan.
  2. Rumput-rumputan yang terbuat dari stereofom dan di letakkan didepan.
  3. Daun-daun kering, kami menyebarkannya di seluruh bagian panggung agar lebih terkesan suasana hutan.
  4. Backdrop warna hitam dengan matahari dari steroform.

D. KONSEP BUSANA

Karena cerita ini pemainnya adalah seekor burung jadi kostum busananya berupa sayap dan atribut lainnya yang mendukung peran.

  1. Burung Elang memakai atasan warna hitam, celana hitam, sayap warna merah  tua agar terlihat sombong dan ditakuti, hiasan kepala mahkota burung.
  2. Burung Dara memakai kostum warna putih, sayap putih, agar terlihat sepeerti burung dara dan mencerminkan sifat burung dara yang suci hatinya. hiasan kepala mahkota burung.
  3. Burung Hantu memakai kostum warna coklat, sayap coklat, agar terlihat seperti burung hantu agar lebih terlihat bijaksana dan disegani,  hiasan kepala mahkota burung.
  4. Burung Gagak memeakai kostum warna hitam, celana hitam sayap hitam agar terkesan misterius dan licik, hiasan kepala mahkota burung.
  5. Burung Beo memakai kostum warna merah muda, sayap merah muda, hiasan kepala mahkota burung agar terlihat sifatnya yang centil.
  6. Burung Pipit memakai kostum warna kuning, sayap kuning, hiasan kepala mahkota burung agar terlihat sifatnya yang selalu khawatir.
  7. Burung Nuri memakai kostum warna ungu, sayap ungu, hiasan kepala mahkota burung agar terlihat sifatnya yang penyabar.
  8. Burung Bangau memakai kostum warna merah, sayap merah, hiasan kepala mahkota burung agar terlihat sifatnya yang angkuh.
  9. Burung Jalak memakai kostum warna hujau, sayap hijau, hiasan kepala mahkota burung agar terlihat sifatnya yang tegas.
  10. Burung Pelatuk memakai kostum warna jingga, sayap jingga, hiasan kepala mahkota burung agar terlihat sifatnya yang penakut.
  11. Ayam Jantan memakai kostum warna cokelat, sayap cokleat, hiasan mahkota ayam jantan.
  12. Ayam Betina memeakai kostum warna putih, sayap merah, hiasan mahkota ayam

E. KONSEP MUSIK DAN SUARA

      1. Lagu  Owl City “ Salt water room” sebagai perkenalan dan dilanjutkan lagu Wondergirl “Nobody”
      2. Suara – suara kicauan burung yang ada di hutan, kami sengaja mengawali drama ini dengan suara-suara burung agar terkesan suasana hutan.
      3. Music Lagu menikmati hari yang liriknya telah kami gubah sesuai dengan drama. Lagu ini digunakan untuk mencerminkan keceriaan burung-burung di hutan, maka kami menempatkan lagu ini diawal drama dan di akhir drama.
      4. Music lagu bento dari album iwan fals yang juga telah kami gubah liriknya sesuai dengan drama ketika burung Elang masuk kedalam panggung.
      5. Music lagu anak burung hantu yang telah kami gubah liriknya sesuai dengan drama. Lagu ini digunakan ketika burung hantu memasuki panggung.
      6. Music lagu jagoan dari album ”Jagoan” yang telah kami gubah liriknya sesuai dengan drama. Lagu ini digunakan ketika warga hutan berselisih dengan burung Elang.
      7. Music tegang yang akan digunakan ketika burung dara dan Elang lomba balap terbang.

F. PERWATAKAN

  1. Burung Elang: sombong, angkuh, berbadan besar, suka menindas yang lemah
  2. Burung Dara: pemberani, percaya diri meskipun berbadan kecil
  3. Burung Hantu: bijaksana, sabar, penyayang, misterius.
  4. Burung Gagak :  licik dan patuh pada Elang
  5. Burung Beo: cerewet, centil, kurus, ceking, jangkung, baik
  6. Burung Pipit: selalu khawatir, selalu cemas, pendek, kecil dan bersuara cempreng.
  7. Burung Nuri: lembut, penyabar,
  8. Burung Bangau: pemarah, angkuh, berbadan ceking.
  9. Burung Jalak: tegas, keras.
  10. Burung Pelatuk: gagap, penakut.
  11. Ayam Jantan : Ramah, menyayangi anak-anaknya
  12. Ayam Betina : sering khawatir

G. ALUR/PLOT

Alur yang digunakan adalah alur maju

pengenalan semua warga hutan meliputi semua burung

Adegan 1 : muncul burung Elang yang sombong

Adegan 2 : Ayam jantan dan Betina yang sedang berkumpul bersama anak-anaknya lalu datanglah Elang bersama Gagak yang akan mencuri anak- anak ayam

Adegan 3 : elang dan gagak menikmati hasil curian

Adegan 4 : warga hutan merasa jika burung Elang sudah semakin sombong dan merasa dianiaya oleh burung Elang

Adegan 5 : muncullah burung hantu yang bijaksana yang akan menolong warga hutan dengan mengadakan balapan terbang

Adegan 6 : semua warga hutan tidak ada yang berani melawan burung Elang, muncullah burung dara yang pemberani yang akan melawan burung Elang pada balapan terbang

Adegan 7 : warga hutan merencanakan suatu taktik agar burung dara menang dalam balapan terbang yaitu dengan memasang ranting pada sayap burung dara

Adegan 8 : balapan terbang dimulai. Diawali dengan pematahan sayap burung. Burung Elang mendapat giliran pertama untuk mematahkan sayap burung dara, dan ketika burung dara mematahkan sayap burung Elang, burung Elang merasa kesakitan karena sayapnya benar-benar patah, sedangkan burung dara tidak. burung Elang dan burung dara balapan terbang, dan dimenangkan oleh burung dara. Warga hutan sangat senang.

Adegan 9: burung Elang sangant sedih, dia sangat kecewa, dia sekarang tidak punya kawan. Burung hantu pun membuka kedoknya yang ternyata dia berambisi menjadi raja hutan

H. PARA PEMERAN

  1. Burung Elang      : Siwi Aryyanto
  2. Burung dara        : Susiyati                     Sutradara dan Narator            : Raras Arum W
  3. Burung hantu      : Suhardi
  4.  Burung Gagak   : Sulistyatmoko
  5. Burung Beo        : Sri Wuryani
  6. Burung Pipit       : Theresia Dian
  7. Burung Nuri        : Sri W Reguler (063)
  8. Burung Bangau   : Sri Wahyuni
  9. Burung Jalak       : Sidik N

10.Burung Pelatuk   : Titik Setyowati

11. Ayam Jantan     : Rasito

12.Ayam Betina      : Siti F

I. SKENARIO

BABAK I

PROLOG : Di sebuah hutan yang permai, tinggalah sekelompok burung yang hidup saling menghormati dan menyayangi. Mereka sering bernyayi bersama, bermain bersama, dan bersendau gurau bersama-sama. Akan tetapi dalam kelompok tersebut tinggalah pula burung elang yang sangat sombong dan sering berbuat ulah.

Suara burung berkicau dan angin.

1.  Burung lain (Beo) : Wah…… Hari ini cerah sekali……… Matahari……..  bersinar terang, bunga – bunga bermekaran Duh …… senangnya….. Teman – teman…….,aku si burung beo ingin mengajak kalian bernyanyi.. ayo menyanyi bersama……

2.  Semua warga hutan : ayo- ayo…

3.  Semua warga hutan :  LAGU “MENIKMATI HARI”

Matahari bersinar terang

Seolah tersenyum senang

Walau panas menyengat

Kami tetap gembira

Daun-daun berderai riang

Seiring dengan langkahku

Bebas berlari berkejaran

bersama kawan tersayang

betapa bahagianya

punya banyak teman

betapa senagnya

betapa bahagianya

Mensyukuri karunianya

4.  Burung Elang : (BERLAGAK SOMBONG DAN TERTAWA SANGAT KERAS DENGAN BADAN YANG BESAR DAN TEGAP). Tarian apa

Hahahahahaha…….. coba liat dong tarianku

(BURUNG ELANG BERNYANYI LAGU “Bento”)

Namaku Elang

Sayapku  lebar

Paruhku kuat

Kukuku tajam

Semua memanggilku sang raja burung

Burung paling keren atas segalanya… HAHAAHA

Elang-elang-elang

( si gagak cekiikakikan dan membela burung gagak)

5. Gagak : kwak,,,hahaha bagaimana lagu bos elang,, keren kan?? Siapa dulu anak buahnya si burung gagak yang ganteng..hahaha

6. Bangau : Aduh… si bos elang sama pesuruhnya gagak kok sama-sama sombong.. makin panas nih hutan…huh

7. Elang  : Apa ?? siapa yang berbicara tadi?? Berani sama aku hah? ( sambil menunjuk-nunjuk pipit)

8. Pipit   : Ampuuuu saya pipit.. bukan saya,,,,( mengusap kedua tangan, dengan wajah ketakutan)

9. Pelatuk : HA harusnya kamu ga gak.. berrrr kaaa kata se seeperpeer ti itu  ba baa bangau? Tuh elang marah,,  aku hanya seekor pelatuk apa ya yang harus kkku ku llak kkukan untuk mmee nyeelammmatkan pi pi pit ( bisiknya ke bangau)

10 Bangau : iya.. bagaimana ini..( bertampang resah) aku juga hanya seekor bangau yang lemah.

11.  Dara : ( sambil menghalangi elang yang hendak menangkap pipit) apa urusanmu hai elang yang sombong? Jangan hanya beraninya pada yang lemah saja.

12. Elang : ooo jadi kamu berani sama aku? (berlagak sombong) gagak !! seret si dara sok berani itu kehadapanku!!

13. Gagak: kwak..baik bos elang! ( sambil menyeret dara yang memberontak)

14. Elang : kalau kau tidak menurut akan kubunuh semua teman- temanmu yang lemah itu.. hhahahahaaha

( dara akhirnya mengalah dan menuruti perintah elang, bukan karena takut melainkan ingin melindungi teman-temannya)

15. Elang : aku sudah bosan di sini ayo kita pergi gak!!(sampbil pergi)

16.  Beo: burung Elang sudah semakin sombong ya, lihat itu lagaknya, semena-mena sama kita.

17. Nuri: sudahlah kita burung yang lemah,, apalagi aku hanya seekor nuri,, lebih baik bersabar saja dulu.. semoga saja elang cepat sadar atas kelakuannya.

18. Pipit : Tapi aku takuuuut.. hiii ( sambil lari)

BABAK II

Seting hutan sebelah

Di hutan sebelah.. hiduplah juga sepasang ayam yang sedang berkumpul membicarakan masa depan anak-anaknya yang sedang tumbuh besar..

Backsound : Tek kotek kotek ( Ketika Ayam  masuk stage )

19. Ayam Betina    : Bapak..Hari ini saya si ayam betina berhasil menetaskan telur lagi??

20. Ayam Jantan     : Apa bu?? Wah selamat.. anak kita jadi ada 5 ya bu..

21. Ayam Betina    : Iya pa.. tapi anak kita yang nomor 3 mau masuk SD pak… mau disekolahkan dimana pak?? Mau nyari sekolah yang bagus dan murah dimana ya pak??

22. Ayam Jantan     : wah bu masukin SD swasta saja lebih bagus dari SD Negeri..

23. Ayam betina     : OOO ndak bisa pak SD swasta mahal.. memangnya ada yang bagus dan ndak mahal…

24. Ayam Jantan     : yang mahal banyak bu yang bagus..

25. Ayam betina     : Lha gimana pak.. bapak punya biaya ndak??

26. Ayam Jantan     : Untuk masa depan anak apa sih buk yang ngga… tapi buw.. mending tahun ini kita masukkan saja anak kita di SD Negeri, Kan SD N sekarang bagus2 juga .. malah gratis lho bu

27.  Ayam betina    : Haa.. masaaaak..

28. Ayam Jantan     : Iya bune,, apalagi kalo gurunya dari lulusan S1 PGSD UNS.. sip sak jose bune,,, hehe

Jalak : (datang dari kejauhan) wah sorre-sore begini enaknya jalan-jalan, oh iya ada arisan, ngajak teman ah..( sambil mendekati anak ayam) yam yam… orang tuamu mana? Oh lha itu ?( sambil menunjuk ayam)

Akhirnya ayam dan jalak pu mengobrol. Dan jalak mengajak ayam jantan untuk arisan

Wah..wah… ayam jantan pergi arisan, ayam betina sendirian deh,,, hemmm,, kira-kira ,,apa yang akan terjadi ya,,,

29. Gagak               : bos.. bos.. mau dipijit bos?? ( meraih sayap elang mau dipijitin)

30. Elang                :  gua lagi laper sob.. bukanya pegel.. beliin ayam penyet gih..( memegang perut)

31. Gagak               : Whot apaak bos.. hari gini makan penyet..

32. Elang                : iya sob,, laper melilit nih..

33. Gagak               : eh bos tapi liat tuh,, ada sasaran empuk…( sambil menunjuk anak ayam yang ada di depan mereka)

34. Elang                : Whatever. Terserah kamu sob.. yang penting saya nunggu jadinya.. HAHAHA ( dengan lagak sombong)

Secepat kilat gagak menangkap anak ayam dan membawanya pergi sejauh dia bisa… Induk ayam gelisah, resah, susah, dan galau mode on. Induk ayam pun lari kesana kemari lalu mengadukan kelakuan dari burung elang.

BABAK III

Padahal ayam betina kesusahan, sedangkan elang dan gagak malah enak-enakan menikmati hasil curiannya,,,

35. Elang : sob bagaimana.. kita sudah mendapatkan anak ayam.. waktunya anak ayam ini kamu masak.. setuju

36. Gagak : siap bos. Saya akan masak masakan yang paling nikmat

37. Elang : bagus.. saya suka kalo masakknya ga pake…

38. Gagak : ga pake cabe kan bos soalnya si bos suka mules kalo makan cabe

39. Elang : Haha bisa-bisa.. selain itu ga pake lama ya sob..

40. Gagak : ok deh bos,,, bos sante-sante dulu ajah

Selang beberapa waktu

41. Gagak : bos nie masakanya sudah jadi

42. Elang : Baiklah.. mari kita nikmati…haha

BABAK IV

Burung elang memang tidak berperi kehewananan. Dia begitu semena-mena terhadap makhluk yang lebih kecil dan lemah dari dia. Warga hutan semakin gerah dengan tingkahnya.

43. Ayam betina: tolong.. tolong… ( dengan kawatir)

44. semua Burung               : Apa..apa..apa? ( kaget)

45. Ayam betina                  : anak kami,… anak kami dicuri,…

46. Ayam jantan                  : Siapa bune?

47. Ayam Betina                 : Elang..

Ayam jantan yang menyayangi anak-anaknya merasa sedih dan marah. Lalu memarahi ayan betina dan mengajaknya pergi untuk mencari elang.

48.  Beo: burung Elang sudah semakin sombong ya, lihat itu lagaknya, semena-    mena sama kita.

49.  Burung lain (Pipit) : apa yang harus kita lakukan 2x , aku gak mau dianiyaya terus sama burung Elang. (2X, CEPAT, CEMAS)

50.  Burung lain (Nuri) : kita harus segera menyusun rencana, agar si Elang tidak semakin sombong.(sambil memegangi dada)

51.  Beo dan Pipit   : apa itu?????(KEBINGUNGAN DAN CEMAS DAN SALING PANDANG)

BABAK V

Selang beberapa waktu terdengarlah suara Burung Hantu yang bijaksana…

52.  Burung hantu : kuku………. Kuku…. Kuku… kukukuku..

53.  Semua warga hutan : (BERKUMPUL DAN MENYANYIKAN LAGU BURUNG

HANTU) wahai kawan semua …… dengarkah suara…… Terdengar burung hantu…….., benarkah itu…???

54.  Burung hantu dan burung lain : kuku.. kuku….kuku….kukukuku

55.  Burung lainnya (Nuri): burung hantu syukurlah kau datang. apakah kau dapat menolong kami…??

56.  Burung hantu : apa sebenarnya yang kalian risaukan, kalian terlihat sangat gundah.

57.  Burung lain (Bangau) : iya burung hantu ini tentang Elang yang sombong dan yang berbangga diri.

58.  Burung lain (Jalak): dan tak berhati nurani….

59.  Burung lain (Pelatuk) : Kami yang teraniaya…., lemah dan tak punya daya….(DENGAN KESAL)

60.  Burung lain (Pipit) : kami sudah tidak tahan lagi dengan sikap burung Elang.

61.  Beo                  : ayolah burung hantu………. tolonglah kami.

62.  Burung lain (Nuri) : huuuuhhhhhh………. (MENGHELA NAFAS DAN EKSPRESI

PASRAH)

63.  Burung hantu : janganlah sendih….., janganlah risau…….., janganlah terlalu capat menyerah….., lihatlah segalanya……, lebih dekat……., dank au akan mengerti…..

64.  Burung lain (Bangau) : lalu apa yang harus kami lakukan burung hantu….??? Kami tidak tahu harus berbuat apa???

65.  Burung hantu : emmm…. Segera kumpulkan semua warga hutan…(DENGAN TEGAS)

66.  Semua burung : okelah kalau begitu…..

BABAK VI

Burung hantu yang bijaksana akhirnya ikut turun tangan untuk menyadarkan si burung elang. Sebenarnya apa sih rencana dari burung hantu, yuk mari kita saksikan cerita selengkapnya.

(SEMUA BURUNG BERKUMPUL DAN BERMUSYAWARAH, KEMUDIAN BEKERJA SESUAI TUGASNYA. >SALAH SATU BURUNG MEMASANG WORO – WORO, >SEMUA WARGA HUTAN BERKERUMUN MEMBACA PENGGUMUMAN TERMASUK BURUNG DARA).

67.  Burung dara : Owh… balapan……

68.  Burung Elang : (burung Elang datang dan ikut membaca penggumuman)

Hahahhahaha….

Mana ada yang berani melawanku……

Kalian semua kan burung kecil, tidak punya kelebihan apa-apa.

Aku sungguh luar biasa ….

Oh …… tiada tandingannya

Aku yang paling berkuasa……..

Semuanya takut kepadaku….. hahahahha

(NADA LAGU”JAGOAN”)

69.  Burung dara : dia pikir….. dia yang paling hebat

Punya sayap lebar merasa kuat

70.  Burung Elang : aku memang hebat….

71.  Semua burung : hebat membuat ulah…… huuh…

72.  Burung Elang : sayapku memang kuat

73.  Burung lainnya : kuat tapi tak punya kawan,…..sombong sich.

74.  Burung dara : dia pikir…. Dia yang paling kuat

Merasa berkuasa atas segalanya

75.  Burung Elang : aku memang kuat…….

76.  Burung lainnya : kuat makannya alias rakus

77.  Burung Elang : akulah penguasa

78.  Burung lainnya(semua burung) : penguasa hanyalah Tuhan

79.  Burung Elang : siapa dari kalian yang berani melawanku……, hahahha..

Aku Elang sang penguasa hutan, aku tak munkin terkalahkan, hahahaha…..

80.  Burung lain        : (SALING BERPANDANGAN, KEMUDIAN BURUNG DARA MENGAJUKAN DIRI UNTUK MELAWAN ELANG)

81.  Burung dara       : kamu jangan senang dulu burung Elang, aku yang akan melawanmu wahai burung yang sombong, jangan sok kecakepan dech……

82.  Burung Elang  : kau yakin dengan apa yang kau katakan itu??(DENGAN HERAN)

83.  Burung dara       : tentu saja dan aku pastiakan mengalahkanmu.

84.  Burung Elang  : haaahhh…?! Hahahahah….. kita buktikan saja nanti. Burung kecil jangan sok kepedean kau……

85.  Burung hantu     : baiklah, lebih baik kalian mempersiapkan diri masing-masing untuk mempersiapkan pertandingan terbang besuk. dengan peraturan yang telah ditentukan.

86.  Burung Elang  : (PERGI DENGAN LAGAK SOMBONGNYA)

BABAK VII

Warga hutan sedikit risau dengan keikutsertaan burung dara yang kecil untuk mengikuti perlombaan. Oleh sebab itu mereka membantu Dara agar dia dapat memenangkan pertandingan. Mereka berharap dengan kekalahan burung elang mampu menyadarkanya agar dia tidak sombong lagi.

87.  Beo – Bangau          : (MEMBANTU BURUNG DARA MENYIAPKAN

PERTANDINGAN, DISELIPKANNYA RANTING PADA SAYAP BURUNG DARA)

88.  Burung Jalak : Yang namanya pahlawan harus membela yang lemah, yang namanya

pahlawan  harus rela berkorban. Betulkan teman-teman.

BABAK VIII

Hari yang telah ditunggu pun tiba. Pertandingan terbang antara elang dan dara segera dimulai. Akankah dara memenagkan pertandingan dan menyadarkan elang. Mari kita saksikan cerita selanjutnya.

89.  Burung Elang : (DATANG DENGAN LAGAK SOMBONG)

90.  Burung 6: woi burung Elang sudah datang, ayo cepat jangan sampai ketahuan. (SAMBIL BERLARI KE ARAH BURUNG YANG LAIN)

91.  Burung Elang : sudah siapkah kau melawanku burung kecil, jangan sampai kau menyesal sudah menyerah saja padaku.

92.  Burung lain (Pelatuk) : lihat itu sombongnya keluar.

93.  Semua Burung lain : Huuuhhhh,(MENCIBIR)

94.  Burung hantu  : awas,,awas,,awas,,!! Sebentar..!! tolong dengarkan saya, pertandingan ini ada peraturannya dan tidak akan dimulai jika kalian ribut sendiri. Jadi kita mulai dari peraturan pertama.

95.  Burung Elang dan burung dara : baiklah

96.  Burung hantu  : peraturan pertama, sebelum pertandingan terbang kalian boleh saling mematahkan sayap lawan. Saya beri waktu 5 menit.

97.  Burung Hantu : burung Elang kau mendapat giliran pertama untuk mematahkan sayap burung dara.

Narrator  : Kemudian ketika burung Elang mencoba mematahkan sayap burung dara, terdengar bunyi “kraak..kraakk..” dan burung dara berpura-pura kesakitan, seakan-akan sayapnya patah.

98.  Burung hantu : sekarang giliranmu burung dara untuk mematahkan sayap burung Elang.

99.  Burung Dara: Baik burung hantu.

100.  Burung hantu : baik, sudah cukup………., waktu kalian sudah habis

Sekarang kita mulai pertandingan yang sesungguhnya, yaitu pertandingan terbang, siapa yang paling kuat dan cepat, dialah pemenangnya. Dalam hitungan ketiga pertandingan dimulai.

101.  Burung Elang : (DENGAN SOMBONG) kau tidak akan mengalahkanku burung

kecil….

102.  Burung dara : kita lihat saja nanti…!!!

103.  Burung hantu: 1……….. 2………… 3…………

104.  Semua warga hutan : (BERSORAK RAMAI) Ayo… Ayo…. Ayo… burung dara kamu pasti menang.

Perlombaan dimulai, elang yang sayapnya sudah patah dikalahkan oleh burung dara yang sayapnya masih utuh

105.  Burung lain(semua burung) : (BERSORAK RIANG, MENGHAMPIRI BURUNG DARA) Hore…….Hore…..,

106.  Burung lain (Beo, Pipit,Nuri) : kamu hebat burung dara,

107.  Burung lain (Bangau, Pelatuk) : kamu memang pahlawan kami.

108.  Burung hantu : ya kita sudah menyaksikan pertandingan terbang antara burung Elang dan burung dara, dan pemenangnya adalah burung dara.

BABAK IX

109.  Burung Elang : (TERKULAI LEMAH KARENA SAYAPNYA YANG PATAH DAN BERSEDIH KARENA KEKALAHANNYA) Hatiku sedih….., hatiku gundah……, tak ada yang mau memaafkan aku….

120.  Burung hantu : (BERJALAN MENDEKAT KE BURUNG ELANG, DAN

MEMBANTU BURUNG ELANG BERDIRI)

121. Burung Elang : Gagak- Gagak.. tolong aku

122. gagak : huh tidak mau..  aku bukanlah pesuruh untuk seekor burung yang lemah..

Burung hantu membuka kedoknya dan ternyata ia ingin menjadi penguasa hutan dengan memanfaatkan warga hutan

123. Burung Hantu : HahHHHAAA sekarang akulah sang penguasa

 

            J. AMANAH

Kesombongan adalah hal yang akan selalu merugikan diri sendiri karena akan mngakibatkan orang disekitar menjadi tidak menyulainya dan tidak akan mau menolong apabila mendapatkan kesusahan. Kerendahan hati dan kebaikan selalu menghasilkan kebaikan pula. Akan tetapi dalam sebuah persahabatan, kita juga memerlukan sebuah kepercayaan dan kejujuran untuk selalu menjaga persahabatan tetap murni dan suci.

 

13 Responses to “DRAMA”

  1. black Says:

    woow sip.. sip..
    mempersiapkan drama bukanlah hal yg mudah
    salut buat sutradara dan teman2nya

  2. kampungshop Says:

    wah jian ki b0cah…hemmm
    titennh len…gek elik banget msk k0mentne cupu….yuh tjah nelngs0 aq…wkwkwk
    eh bu bu…ati2 tak santet dikau,,…

  3. unies2 Says:

    bu…
    subhahanaallah bu tulisanmu benar2
    menggunggah tawa ….

    aq juga punya statment bu untkmu
    keep alay bu, gw ska gya lo yg alay tp bermutu
    hoho

  4. pelatukkkkkk Says:

    keliatan sekali klo g jujur…hahaa
    kok comment ke pelatuk cm dkit busud…
    klo sruh lat mbangkang trs ya…???
    busud,,,perfect sekali…!!!!!

    pelatuk emg gt bu,,,i’m so sorry…:)

  5. Reblogged this on embunpagivsmatahari and commented:
    inspirasi drama bsuk.. kostum elang nya ..

  6. ass.. saya besuk ada drama tgl 19 des dan jadi burung elang.. nah, bingung ama kostumnya.. bisa tolong diperjelas lagi gag, konsep kostum dan foto detailnya.. terima kasii..

    #bener2 butuh bantuan.. bisa di bales lwat inu.dreamer@gmail.com
    ato fb INu In
    segera


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s