zonawidasworo

percaya dan resapilah

Pangeran Kecil Januari 19, 2014

Filed under: Uncategorized — rarasarumwidasworo @ 11:47 pm

Ra- Hari itu sebenarnya saya tidak berencana untuk mengajar di kelas empat. Tapi entah kenapa sejak saya sampai ke SD pagi itu, anak-anak kecil itu dengan antusias memanggil-manggil saya dan meminta saya untuk mengajar di kelas mereka. Yah baiklah, kebetulan guru kelas empat sedang sakit sehingga saya langsung saja masuk ke kelas mereka. Ritual pertama yang di lakukan mereka adalah berbaris di depan kelas lalu satu demi satu bersalaman dengan gurunya, dan pagi itu saya sebagai guru mereka. Mengesankan, mereka bersemangat seperti biasa, senyuman mengembang setelah bersalaman. Anak- anak itu sungguh luar biasa. Bagaimanapun tidak kerennya mereka, bagaimanapun anehnya mereka, bagamanapun nakalnya mereka, saya sangat menyayangi mereka bagai anak sendiri, walaupun saya belum mempunyai anak( curhatan guru single #jiahh).

Waktu pelajaran pun dimulai , saya dengan antusias memberi penjelasan, pertanyaan, jawaban, kuis bahkan gurauan. Hingga saat saya memerintahkan  mereka menulis rangkuman tentang pejaran hari itu. Saya kemudian duduk di meja guru dan mata saya tertuju pada sebuah buku yang lumayan lusuh, dengan berbagai robekan yang disengaja. Hati saya sakit seketika. Saya seperti merasakan perasaan penulis buku itu jika melihat hasil kerja kerasnya diperlakukan seperti itu, apakah sesakit seperti yang saya rasakan sekarang. Saya marah, tapi tidak saya ungkapkan seketika itu. Saya raih buku itu saya amati “Pangeran Kecil” Judulnya, sebuah novel anak terjemahan. Seketika saya meminta anak untuk tidak membuat kegaduhan dan meminta izin keluar sebentar. Hal yang pertama yang ingin saya lakukan adalah sedikit menyelamatkan buku itu.

Sisa jam pelajaran sedikit tidak menyenangkan, saya berusaha untuk bersimpati pada mereka, bahwa mereka tidak tahu apa-apa. Tapi pada akhitnya saya pun bertanya siapa yang melakukan hal yang tidak terpuji pada buku itu, dan hasilnya tak ada yang mengakui. Hal semacam inilah yang akan membuat mereka menjadi seorang yang tidak bertanggung jawab jika didiamkan. Tidak mengakui kesalahan dan tidak menghargai karya orang lain.

Untuk pertemuan selanjutnya anak-anakku, ibu akan menceritakan pada kalian sebuah cerita tentang buku yang sudah kalian rusak itu.. buku yang halaman 8 telah menghilang

Buku itu, ibu yakin akan membawa kalian kesebuah negeri yang berbeda. Negeri yang ada pangeran kecilnya yang menanti kalian memahami dan mengerti satu sisi dalam kehidupan

Dan semoga kalian selalu bisa belajar memaknainya dan menjadi dewasa yang mengagumkan di masa depan.

Untuk “Pangeran Kecil” maafkan anak-anak saya ya..

Semoga engkau buku pertama dan terakhir yang tidak mendapat perlakuan baik dari anak-anak saya itu.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s