zonawidasworo

percaya dan resapilah

kotak Juli 25, 2012

Filed under: cerita,perenungan — rarasarumwidasworo @ 12:50 pm
Tags: , , ,

RA- Sekarang hidup saya benar-benar di dalam kotak. Dulu pernah saya menulis sesuatu tentang kotak yang ketika itu sedang ngetren(haha,,masaak??). Tidak menyangka saya mengalaminya sekarang. Begini kurang lebih isinya

Aku ..

Akan hidup di dalam sebuah kotak

Walaupun hanya ada kamu di dalamnya

Aku..

Akan hidup di dalam sebuah kotak

Walaupun hanya akan melihat senyumanmu di dalamnya

Aku akan hidup di dalam sebuah kotak

Walaupun dunia luar begitu menawan

Karena  yang aku yakini adalah kamu adalah hal yang termenawan di dunia ini

Dan aku tak perlu yang lain untuk hidup dengan bahagia

Karena kamu adalah segala-galanya

(more…)

Iklan
 

Dia lagi Juli 7, 2012

Filed under: cerita,surat — rarasarumwidasworo @ 3:13 pm

Aku terantuk batu ketika itu, jatuh terpuruk tak mampu bangun lagi, hingga tangan besar yang melindungi membantuku terbangun. Seketika itu aku tersadar, aku sangat membutuhkannya, bukan hanya tangan yang hangat itu saja, tetapi pemilik tangan itu juga. Jujur kukatakan padamu, ketika itu kami tidak saling mengenal, kami hanya saling berjumpa diwaktu yang tepat. Aku butuh dia, dan dia juga membutuhkanku. Dia tidak sempurna, begitu juga dengan  diriku.

Aku hanya manusia biasa yang penuh tanda tanya dan kecacatan. Apa yang bisa diharapkannya padaku. Aku rasa tidak ada, yang aku tahu kami itu satu. Kami itu sesuai, kami itu sempurna bila bersama. Bukan masalah serasi atau tidak, tapi dia itu ya aku. Bagaimanapun kalian memandang, dari sudut pandang manapun kalian tidak akan mampu mencari celah diantara kami berdua apabila kami berjalan bersama.

Ada beberapa hal yang sangat aku sukai dari dia. Dia itu lugu, dia itu bijaksana, dia itu manis, dia itu melindungi, dia itu suka memanjakan, dia itu sederhana dan dia itu sempurna dimataku. Akan aku ceritakan kepada kalian bahwa dia selalu membahagiakannu walaupun hanya dengan melakukan hal yang paling sederhana.

Seandainya RA menemukanya 🙂

 

:-) Juli 3, 2012

Filed under: cerita,perenungan — rarasarumwidasworo @ 3:49 pm
Tags: , , ,

Ra- bahagia itu sederhana, benarkah? Bukankah bahagia itu mengesankan, menenteramkan, membuat hati menjadi hangat dan terasa nyaman. Jadi tidak layak bahwa bahagia itu hanya sederhana. Bahagia adalah sesuatu yang berharga. Perasaan bahagia akan sulit dimiliki oleh orang yang tidak mampu menikmati hidup ini. Memang benar terkadang kekecewaan sering melanda perasaan manusia, tapi apakah rasa kecewa itu cukup pantas untuk membuat hari-hari kita tidak bahagia. Kecewa, sedih, galau, sakit hati dan segala yang tidak mengenakkan adalah prosesnya. Bahagia adalah hasil yang dapat dipetik.

Sebenarnya dalam segala hal yang tidak mengenakkan ada tersimpan sedikit bahagia. Coba deh kalian tersenyum ketika mengalami hal-hal yang tidak mengenakkan tersebut, pasti kalian akan merasa bahagia. Kuncinya satu berpikir positif (kata yang simple diucap tapi susah dilakukan..hhehe)

Bahagia itu tidak sederhana, bahagia itu rumit tapi menyenangkan J. Bahagia bisa dirasakan siapa saja

—-Ketika itu seorang dosen datang dengan senyum biasa dan memasuki ruang kuliah yang biasa pula. “ Sepertinya tak ada hal yang menarik hari ini” batinnya. Lalu dibukalah perkuliahan hari itu dengan berdoa dan mengecek kedatangan mahasiswanya. Satu persatu (yah begiini kalo kuliah di PTN selalu disiplin itu no wahid pa lagi kuliah di keguruan) hingga ia memanggil nama salah satu mahasiswa yang biasanya terlihat murung dan lesu namun hari itu terlihat bersemangat dan antusias. “Ada apa gerangan” batin sang dosen. Mahasiswa terlihat bahagia selama perkuliahan hari itu. Padahal dosen merasa biasa saja dan malah sedang tidak bersemangat. Dosen pun semakin bertanya-tanya dan ingin mengetahui apa penyebabnya. Hari itu juga dosen yang penasaran, sepulang mengajar langsung menanyai mahasiswanya tersebut. Bukan bermaksud apa-apa, Dosen sebenarnya hanya ingin tau saja apa rahasia bahagia dari muridnya tersebut. “Prada, ada apa gerangan denganmu, hari ini kamu terlihat begitu bahagia. Apakah kamu baru menyadari bahwa mata kuliah saya begitu menyenangkan?” Tanya dosen dengan entengnya. “ emm tidak apa-apa pak, perkuliahan bapak memang selalu menyenangkan. Tapi jujur hari ini saya bahagia karena ayah saya mau sholat” jawab sang mahasiswa dengan senyum mengembang— (instpirated by story of NN’s lecturer )

“Semoga kamu mendapat cukup kebahagiaan untuk membuat kamu bahagia, cukup cobaan untuk membuat kamu kuat, cukup penderitaan untuk membuat kamu menjadi
manusia yang sesungguhnya, dan cukup harapan untuk membuat kamu positif terhadap kehidupan.”( dunia pustaka:2012)

 

Paham belum tentu Memahami Juli 2, 2012

Filed under: cerita,perenungan — rarasarumwidasworo @ 1:38 am
Tags: , , ,

Ra- berpikir tentang hal yang paling sulit untuk dilakukan menurut saya adalah memahami seseorang. Setiap manusia mempunyai sifat yang berbeda-beda ada yang serumit benang yang kusut ada yang sesimple air mengalir. what should we do if we want to understand someone else and even we don’t know about their mind. Isi hati seseorang siapa yang tau( ya ga?). Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah bersabar. Seperti pengalaman yang tidak mengenakkan yang pernah saya alami baru-baru ini.

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa kos-kosan saya terletak di daerah yang mempunyai jalan yang sempit. Yah memang kelebihan dari lokasi ini hanyalah dekat dengan kampus dan ibu kos yang baik tentunya. Jalan yang sempit sendiri juga mempunyai beberapa kelebihan, yaitu tidak perlu menghadapi truk-truk besar yang penuh polusi. Tapi hal ini tidak sepadan dengan segala hal yang aneh yang saya alami selama kos di kos ini. Sudah berulang kali teman saya yang menggunakan kendaraan roda empat ingin menjeput saya, atau bahkan saudara sepupu yang ingin mengantar ke kos dengan mobil enggan melakukannya karena jalan yang sempit. Masalah ini juga terjadi karena kepadatan penduduk juga sih. Sebelumnya daerah kos saya ini mempunyai tanah yang cukup lapang untuk parkir mobil, tapi sudah setahun ini tanah itu dibangun kos-kosan baru (yah inilah resiko tinggal dekat dengan kampus– banyak kos-kosan). Sering kali bapak kos marah besar sama teman2 saya atau teman penghuni kos yang parkir di jalan yang sempit itu. (come on,,, its just park area right?).

Ada pengalaman yang menggemaskan yang saya alami karena jalan yang sempit ini. Hari itu sudah saya rencanakan sejak 1 bulan yang lalu bahwa saya akan segera mengemasi barang-barang saya dan segera pindah ke rumah( pulang kampung maksudnya..hehe). Ketika itu kebetulan saya diantar kakak laki-laki saya dengan menggunakan mobil ayah. Sebelumnya saya sudah bertanya pada ibu dan bapak kos untuk parkir di depan kos yang jalannya sempit itu dan diperbolehkan.  nih denahnya

 

 

nah lagi enak-enaknya angkut-angkut barang ada bapak-bapak mata sipit (BASI) yang marah ma kakak saya. kakak saya adalah tipe pendiam dan cuek. Ketika BASI ngomel ngomel cuma didiemin aja deh ( sebenere kasian juga). Saking lamanya ngomel kakak saya langsung nylethuk aja gini ” emm,, maav pak,, memangnya jalan sebelah (yang saya beri tanda kuning) itu satu arah ya?? jadi lewat sana tidak bisa?”.. BASI jadi pucat pasi, agak malu gitu terus jawab gini ” yo ngga sih” trus ngeloyor pulang kerumah… wkkk Good job mas.

Hemm begitu susah ya memahami orang lain, kenapa BASI ga mikir kalau saya itu pindahannya cuma sekali aja, besok-besok kan saya ga pindahan lagi. kalau memang BASI mau bantu saya mau kok parkirnya dijalan yang lebih luas biar tidak mengganggu lalulintas. Saking tergesa-gesanya sampai-sampai kunci kamar saya masih kebawa, trus saya lari kembali kerumah ibu kos dan mobil sudah di parkir di jalan yang lebih luas. dan you know what?? ternyata alasan BASI ngomel-ngomel tu gara2 putri kesayangannya mau keluar pake mobil.. Waduh BASI-BASI mbok bilang dari tadi,, huhu saya nyapa beliau sepulang dari mengembalikan kunci,, dengan agak menahan tawa tentunya(hihihiiihii)

“Belajarlah Memahami diri sendiri untuk memahami orang lain ^^”

 

CINTA Juni 14, 2012

Filed under: cerita,kuliah,perenungan — rarasarumwidasworo @ 1:37 am

RA- Bertahan satu ciiiiinta.. bertahan satu Ce.I.eN.Te.A…  suara dion idol yang menyayikan lagu cintanya the bagindas menggema pagi ini. entah kenapa 2 hari ini temanya lagi yang namanya CINTA ” 1 kata 5 huruf sarat makna”. Tak ada kata lain yang mampu mendefinisikan kata cinta dengan sempurna(wiii) . Saya pun masih susah mengartikan dan memahaminya. Ada sedikit pencerahan mengenai makna kata cinta yang saya peroleh  kemarin ketika saya mengikuti sebuah kajian. Pasti kalian sudah sangat mengenal dan doyan mendatangi yang namanya kajian. Alhamdulillah saya tergolong diantaranya (bukan mau sombong lho JFYI ajah…haha GEJE). Di kampus saya sering sekali diadakan yang namanya kajian. Spesial sekali ustad yang mengisi kajian kemarin ada dua yang pertama adalah seorang ustadz artis (???) Nizam Zulfikar dan ustadz penulis buku Burhan Shodiq.  they were so awesome when they gave us the definition of love. Kebetulan tema kajian kemarin adalah tentang cinta, bagaimana menjaga hati menuju cinta sejati.

Ustadz yang pertama yang katanya ade tingkat “Ganteng” but for me he is so so<< mulai sombongnya..hihihi

nih isi tausiyahnya : beliau berkata ada 3 hal yang ditimbulkan cinta yaitu keindahan, kesabaran, dan pengorbanan. To be honest I’m not really giving attantion for his explanation cz his voice was so slow an smooth (what? ga kedengeran dunk) ini gara-garanya anak-anak pgsd biasa diberi kajian oleh ustadz-ustadz yang gokil. Makanya ketika si ustadz “ganteng”(kata ade tingkat) mulai speak speak, audience langsung keep silence, kayaknya mereka pada tidur (kalo yang ini penulis kayaknya)..haha maav ya ustadz nizam :P.

Sebenarnya isi tausiyahnya berbobot banget, selain itu beliau memberikan perbedaan tekanan suara, tetapi tetep saja terlalu haluus(kayak kulit bayi.hlo). beliau memberikan beberapa informasi dan contoh-contoh di setiap pointnya. Ada kisah pengorbanan yang dilakukan Siti Hajar isteri Nabi Ibrahin dan Ibu nabi Ismail. Kesabaran 2 raja yang dzalim dan Hanif. dll pokonya banyak. pada intinya Cinta adalah segala sesuatu yang diniatkan kepada Allah SWT. Pesan dari ustadz Nizan carilah 1000 alasan untuk berhusnudzon kepada Allah SWT karena Allah mengetahui apa yang kita butuhkan daripada yang kita inginkan. ^^

lets move on to the second ustadz , he is u’ Burhan shodik.. hehe.. kalo boleh tanya burhan singkatan dari apa ya?? soalnya di blog ini nama burhan sering di pake, kayaknya kepanjangan dari burung hantu deh.. mav ustadz just kidding :P.

Ustadz Burhan ini berbeda 180 derajat sama ustadz nizam. belau pinter banget buka tausiyah dengan kegokilannya. yah bisa bikin audience yang tidur pada bangun. Ini salah satu kutipannya ” Wanita memasang tembok besar, bukan karena dia angkuh tetapi dia hanya ingin melihat adakah pria yang mampu menjebolnya” Shodiq(2012).. (wiii ,, itu aku banget gan.. haha malah promosi)

” Cinta adalah pangkal semua penguatan, baik yang buruk maupun yang baik “(Ibnu Qayyim Al Jauziyah)

” Cinta tidak menimbulkan efek galau” so kalau kamu merasa mencintai tapi masih galau mulu berarti cintamu perlu dipertanyakan

” Cinta yang tercela adalah mencintai sesuatu yang cintanya sama dengan mencintai Allah”

” Cinta yang paling terpuji adalah hanya mencintai Allah semata dan mencintai apa saja yang di cintai Allah”

hadew.. banyak deh kutipan dari nih ustadz.. gokil seru lucu, asyik. kalo mau baca kesan2 beliau klik ajah di sini

kalo menurut saya sih cinta itu tidak perlu alasan. Mengalir apa adanya. cinta karena Allah adalah semurni-murninya cinta.. ihhiiir..

sebenarnya masih banyak hal yang mau di share, tapi berhubung hari ini agendanya banyak dilanjut kapan2 ja ya,, pembicaraan kita mengenai cinta :>

cu guys

 

PULANG Mei 15, 2012

Filed under: cerita — rarasarumwidasworo @ 8:43 am

Tanah lapang itu kini tak selapang dulu, hutan hijau ini tak sehijau dulu.
Langit biru ini tak seindah dulu lagi. kutarik nafasku hingga memenuhi diri ini,, kuhembuskan perlahan. Sungguh aku hanya ingin menikmati semuanya dengan pelan-pelan.
Jalan setapak ini masih aku ingat dengan jelas, ketika ayah menuntunku untuk dapat berjalan. Tanpa lelah dia berupaya, dengan senyum paruh bayanya.
Aku tak mengira akan kembali ke desa ini setelah sekian lama. Segala kenangan terburai indah dipikiranku. Aku lega tidak pernah membuatnya hina karena kelakuanku.
Legam memang tubuhku. Terbakar panas terik kota bisu yang mendewasakanku. Aku tak akan hilang arah lagi dan mengulangi kesalahan yang sama.
Dua puluh tahun silam, aku minggat dari desa dengan kenangan masa kecil ini. Tak ada ucapan berpisah saat itu. Hanya bisu dengan guratan tanda tak ikhlas.
Aku pilu karena mereka tidak ada untukku hanya untuk mencium keningku dan mendoakanku agar selamat di kota rantau.
Sesak hati ini ketika sampailah aku dipelataran rumah. Rumah yang bercat putih yang sekarang sudah tidak karuan berwarna apa. Pintunya utuh tapi dibeberaapa bagian dimakan rayap yang rakus.
Lidahku kelu, biasanya aku mengucapkan salam dengan lantang ketika didepan pintu itu. Tapi hari ini air mata saja yang mengalir, aku tak mampu bersuara. Dadaku sesak, tubuhku lemas. Aku yakin bala tentara rayap tak menghiraukan rintihanku.

 

Dia Mei 1, 2012

Filed under: cerita,surat — rarasarumwidasworo @ 2:36 pm
Tags: , , ,

masak iya dia suka sama aku, orangnya tinggi, rajin ibadah dan sedekah. Masak iya dia yang selalu ada dalam mimpi-mimpiku, sekarang berdiri tegak dihadapanku, mengucapkan ikrar bahwa dia mengagumiku dan ingin mempersuntingku.
Mungkinkah ini bagian dari mimpi-mimpiku. Hanya khayalankah?
aku ragu kenapa dunia ini begitu indah sekali dengan hanya melihat senyuman darinya. Aku tak akan pernah bosan menunggunya di rumah, mempersiapkan diri menyambutnya ketika dia pulang kerja dan mencium hangat tangan yang sedikit legam terbakar matahari dan akibat kerja kerasnya.
Masak ia dia yang aku kagumi sekarang ini menyanjungku dengan penuh cinta. Aku ragu kebahagiaan ini hanya semu. Bolehkah aku berdoa ya Allah
Izinkan aku bersamanya di dunia dan di akhiratmu. Semoga dia satu-satunya pemilik hati ini
dia yang pertama bagiku
dan terakhir
untuk selamanya